Sunday, July 19, 2015

Lebaran Hari Raya, Aktivitas Gunung Raung Masih Naik Turun


Ngeeblog Yuuk!, Kepala Sub Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Wilayah Barat, Hendra Gunawan, memperkirakan aktivitas vulkanis Gunung Raung masih akan fluktuatif. "Masih naik turun," katanya, lewat sambungan telepon, Kamis malam 16 Juli 2015.

Hendra mengatakan pada 8 Juli 2015 aktivitas gunung yang menjulang di perbatasan Banyuwangi, Bondowoso dan Jember, Jawa Timur, itu sempat menurun. Namun pada dua hari berikutnya, yakni pada 9 dan 10 Juli 2015, aktivitasnya kembali meningkat. 

"Pagi tadi (Kamis pagi) juga kembali meningkat," kata Hendra merujuk pula pada dampaknya yang berupa penutupan beberapa bandara.

Hendra menjelaskan, status aktivitas Gunung Raung hingga saat ini masih tetap di level Siaga. Arah angin yang cenderung ke Barat Daya dan Utara tidak saja menyebabkan beberapa bandara ditutup, tapi juga hujan abu di  di wilayah Jember selama sepekan terakhir. "Guyuran abu Raung cukup tebal terasa," kata Veni, warga Tegal Besar, Jember.

Sementara itu, Aris Yanto, penjelajah Gunung Api di Indonesia memperkirakan kalau semburan abu Raung masih berpotensi membesar. Termasuk selama dua hari libur Lebaran Jumat dan Sabtu, 17 dan 18 Juli 2015 ini.  "Volume semburan abu Raung berpotensi semakin banyak menyusul tremor vulkanik yang masih terus terjadi," kata Aris.

Dia berada di puncak Gunung Raung pada 7 Juli 2015 lalu. Aris yang sempat mendokumentasikan aktivitas di dalam kaldera Raung, mengatakan kalau di kaldera gunung itu sudah terbentuk sungai lava. "Kaldera Raung tampak membara," katanya.




Source: Lebaran, Aktivitas Gunung Raung Masih Naik Turun

11 comments:

  1. bantu do'a for Gunung Raung end gamalama...

    ReplyDelete
  2. semoga yang di dekat gunung di selamatkan...

    ReplyDelete
  3. semoga warga yang mengungsi tetap bisa bahagia disaat lebaran meskipun dilanda bencana

    ReplyDelete
  4. Semoga tidak ada yg memakan korban jiwa gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin gan, status masih siaga semoga ga terjadi apa apa :D

      Delete
  5. Semoga tidak ada yg memakan korban jiwa gan

    ReplyDelete
  6. Kasian warga sekitar semoga tidak terjadi hal hal yang tidak di inginkan . Amiin

    ReplyDelete

Belajar seo

Alasan kenapa anda harus BELAJAR SEO

Ngeeblog Yuuk!, Anda sudah punya blog? pasti punya dong, apalagi di design sangat menarik, artikel dan konten sudah terisi dan berkuali...