Friday, July 24, 2015

Bagaimana mengatasi OpenGL error pada Windows

Ngeeblog Yuuk!, error ini baru saja dialami oleh saya, pada saat ingin menginstall windroye tiba tiba muncul pesan kesalahan bahwa OpenGL tidak didukung pada laptop saya, yang menggunakan Windows 7.




OpenGL (Open Graphic Library) merupakan kumpulan pustaka untuk manipulasi grafis, jadi programmer dapat memanfaatkan OpenGL untuk mendesain aplikasinya . Kelebihan OpenGL ini adalah dapat digunakan di beberapa sistem operasi berbeda seperti Windows, Mac, Linux dan lainnya. OpenGL ini merupakan alternatif dari DirectX di Windows.

secara lengkap pesan errornya yang saya temukan adalah:

OpenGL version must be 2.0 above!
 
Kalau dilihat dari pesan kesalahannya aplikasi tersebut berusaha menggunakan renderer OpenGL paling baru yang didukungnya (2.0), karena tidak ada maka turun ke versi OpenGL berikutnya (1.3) dan masih tidak tersedia di Windows.
Dari pengalaman saya ada beberapa penyebab OpenGL Error.

Graphic Card kuno

Jadi setiap generasi GPU baik dari AMD/Intel/NVIDIA akan mendukung versi tertentu dari OpenGL, kalau anda menggunakan VGA generasi lama jelas versi OpenGL yang dibutuhkan tidak akan tersedia dan membuat aplikasi tidak bisa dijalankan. Solusinya ya ganti dengan yang baru, tapi untuk kasus saya yang laptopnya masih keluaran tahun ini jelas tidak mungkin terjadi.
Kalau belum yakin silahkan gunakan aplikasi GPU-Z untuk mengecek kemampuan dan spesifikasi kartu grafis anda.

Update driver graphic card

Ini yang membuat saya curiga kalau driver dari graphic cardnya (NVIDIA) ada masalah, padahal kalau dilihat pada Device Manager juga dikenali di Windows. Ternyata setelah menginterogasi saya ada perbedaan cara install driver untuk setting up komputer baru saya, ini disebabkan kemudahan dan kenyamanan Windows 7 dalam mengenali hardware dan menginstall drivernya secara otomatis.
Karena Windows langsung mendeteksi hardwarenya dengan benar dan memasangkan drivernya dari Microsoft secara otomatis maka anda bisa menganggap kalau sebenarnya tidak ada masalah. Solusinya adalah dengan menginstall driver GPU sendiri secara manual dan tidak menggunakan driver bawaan Windows 7, anda bisa mendownloadnya dari link berikut:

9 comments:

  1. VGA Mobile Intel(R) 945 Express Chipset Family bisa diupdate gak ya gan?

    ReplyDelete
  2. laptop gua toshiba NB520 masalah.y sama dengan diatas trus gua udh download dari link yang agan tunjukkin tpi tdk bisa d install... mohon bantuan.y gan ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan pake driver apa ? kalau bawaanya intel coba di upgrade dari sananya langsung, auto update otomatis sih lebih recommended

      Delete
  3. GAN CARA GAMPANGNYA : COMPATIBILITY NYA GANTI WINDOWS 98 AJA & RUN AS ADMINISTRATOR . 100% WORK GAN . TESTED BY ME

    ReplyDelete
  4. gan klo coprocessor di pc ane ada tanda seru knp ????

    ReplyDelete
  5. tanks gan , artikel ini sangat True story , :D

    ReplyDelete
  6. manteb min artikelnya ini, bermanfaat sekali...
    solder listrik

    ReplyDelete

Belajar seo

Alasan kenapa anda harus BELAJAR SEO

Ngeeblog Yuuk!, Anda sudah punya blog? pasti punya dong, apalagi di design sangat menarik, artikel dan konten sudah terisi dan berkuali...